Senin, 14 Mei 2012

Free Download Software Adzan

Kang Irvan Blog. -Bagi umat Muslim, salat lima waktu adalah sesuatu yang wajib dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Bagi yang berada di rumah ataupun didekat masjid, tentunya tidak akan menemukan maslaah berarti untuk menunaikan ibadah salat tepat waktu. Nah, permasalahan muncul ketika ada beberapa orang yang berada di sebuah gedung di pusat kota yang jauh dari kumandang adzan.

Solusi yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah dengan melakukan salat sesuai waktu salat di hari sebelumnya. Ada juga yang bersedia sedikit repot mencetak jadwal salat dari internet. Sebagian lainnya hanya mengikuti orang lain ketika dilihat sekiranya ada yang sembahyang.

Sebuah organisasi Islam dunia yaitu IslamicFinder.org membuat sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengumandangkan adzan saat masuk waktu salat. Athan Basic mengingatkan Anda dengan audio visual yang memperdengarkan suara adzan ketika tiba waktunya untuk menghadap yang Mahakuasa.

Feature :
Anda akan mendapatkan beberapa pilihan suara dalam beradzan yang biasanya dikumandangkan dari Mekah, Madinah, Al-Aqsa, dan Mesir. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi seputar jadwal beribadah sehari-hari yang disesuaikan dengan lokasi Anda.



Metode yang digunakan aplikasi ini adalah metode kalkulasi dari Muslim World League yang berlandaskan pemikiran Imam Syafii, Hanbali, dan Maliki. Beberapa feature lainnya yang dapat membantu Anda beribadah juga disertakan ke dalam aplikasi ini, seperti arah kiblat, penyesuaian menit, penyesuaian tanggal hijriah, dan kalender hijriah.



Ekstra feature yang ada di aplikasi ini juga cukup menarik. Anda dapat melihat kalender hari-hari besar Islam yang disajikan lengkap dalam penanggalan Hijriah maupun Masehi. Namun, harus diingat bahwa data yang tersedia masih berdasarkan kalkulasi. Untuk mengetahui data tersebut valid atau tidak, Anda tetap harus mengikuti metode penampakan bulan. Sementara itu, bagi Anda yang belum tahu atau ingin mempelajari bacaan adzan, Anda tidak perlu repot mencari teks untuk beradzan karena aplikasi ini telah menyediakannya.



Pengujian :

Software ini memang dapat diandalkan untuk mengingatkan kita dalam beribadah, ketepatan waktu adzan, pilihan audio visual saat adzan, arah kiblat, dan jadwal keseharian salat. Semuanya disajikan dalam wujud yang cukup akurat. Semua tombol dan links yang tersedia berjalan dengan baik tanpa ada masalah. Begitu pula dengan berbagai feature yang tersedia, semuanya berjalan tanpa adanya hambatan.

Penggunaan aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Namun, saat pertama kali menggunakannya, pengguna akan merasa kesulitan karena tampilan aplikasi yang “ramai” dan “padat”. Yap, sayangnya, aplikas ini didesain dengan tampilan yang tidak sederhana dan tidak menarik.

Proses update aplikasi ini cukup mudah. Hanya dengan menekan menu help, Anda menemukan check for upgrade version. Setelah itu, akan muncul dialog box yang memberikan informasi bahwa Anda membutuhkan koneksi internet. Lalu, tekan “start” untuk melakukan proses update. Proses update tidak akan mengalami masalah selama koneksi internet dalam keadaan baik.


Link Download AthanBasic 6.0 :


Link Download AthanTimes 3.1 untuk ponsel :





0 komentar:

Posting Komentar